Kodim 0734/Kota Yogyakarta Gelar Binsiap Apwil dan Puanter

Kodim 0734/Kota Yogyakarta Gelar Binsiap Apwil dan Puanter
Dandim 0734/Kota Yogyakarta memberikan arahan saat membuka kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter. (Ft . Pendim0734)

YOGYAKARTA - Upaya membentuk sikap insan teritorial yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam sikap teritorial serta lebih meningkatkan kesiapan prajurit dalam pembinaan dan pemberdayaan pertahanan di wilayah, Kodim 0734/Kota Yogyakarta menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Aparat Kowil Triwulan II TA. 2021 di Aula Amarta Kodim 0734/Kota Yogyakarta. 

Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan II TA. 2021 diikuti oleh seluruh Danramil dan perwakilan Babinsa jajaran Kodim 0734/Kota Yogyakarta dan dibuka oleh Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, SIP M.Si.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta menyampaikan kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter jangan dianggap sebagai rutinitas biasa, namun yang paling penting adalah bagaimana dalam mengaplikasikan di lapangan.

Sistem Pertahanan Semesta merupakan strategi pertahanan negara Indonesia yang didukung oleh Komponen Utama yaitu TNI, komponen cadangan seperti warga Negara, sumber daya alam, sumber daya buatan dan sarana/prasarana nasional serta komponen pendukung yang terdiri dari Para militer (Polisi, Satpol PP, Linmas, Ormas, Satpam, Satgas Parpol), tenaga ahli/profesi.

Lebih lanjut, Komponen Utama yang diperankan oleh TNI khususnya gelar Komando Wilayah (Satuan Kowil) menyelenggarakan pemberdayaan wilayah sesuai dengan amanat UU RI No. 34 tahun 2004 pasal 8d yang menyatakan bahwa Angkatan Darat bertugas “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Di Darat”, yang direalisasikan melalui kegiatan Pembinaan Teritorial seperti saat ini.

 “Manfaatkan momen ini sebagai barometer para Babinsa selaku aparat kewilayahan dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok, serta jadikan bekal dalam tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui metode Binter di lapangan, ” ungkap Dandim.

Kegiatan Binsiap dan Puanter terdiri dari Sikap Teritorial oleh Mayor Arh Asil Harjanto (Danramil 02/Tegalrejo), Lima Kemampuan Teritorial oleh Mayor Inf Acuk Andrianto (Danramil 03/Gondokusuman), Metode Binter oleh Mayor Inf Sriyanto (Danramil 04/Danurejan). (Muhis) 

Yogyakarta diy
Muhis

Muhis

Previous Article

Satgas Yonif 403/WP Gelar Posyandu di Perbatasan...

Next Article

Gara-gara Cuitan Miring di Medsos, Prajurit...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Muhis

Follow Us

Recommended Posts

Bupati Gowes bersama OPD dan Komunitas Sepeda
Bupati Asahan terima Audiensi Sekretaris Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara
Bupati Kembali Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Usia 06-11 Tahun
Kapolda Sumatera Utara Tinjau Vaksinasi di Kabupaten Asahan
Bupati Asahan Lantik dan Kukuhkan Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan